Perbedaan Inbound dan Outbound Marketing

Bagi Anda yang sekarang ini sedang bergelut di dunia startup mungkin Anda pernah mendengar tentang istilah Inbound Marketing serta Outbound Marketing. Keduanya adalah strategi marketing yang banyak sekali dipakai oleh pemilik usaha. Kedua strategi ini tentu mempunyai prinsip yang berbeda-beda. Dibawah ini akan dijelaskan perbedaan inbound marketing dan outbond marketing, yaitu :

Building in a hand businessmen

Outbound Marketing

Outbound Marketing adalah strategi marketing yang mana kita menarik perhatian calon pelanggan kita lewat cara yang konvensional seperti iklan di TV,  koran, radio, telemarketer, dan lain-lain. Strategi ini biasa disebut “push marketing” karena sifatnya yang akan mendorong calon pelanggan kita membeli produk atau jasa kita meski mereka belum membutuhkannya. Jika kita perhatikan, strategi outbound marketing ini lama kelamaan akan ditinggalkan oleh peminatnya.

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah strategi marketing yang mana kita tidak mengejar-ngejar calon pelanggan, tapi justru calon pelanggan yang mencari kita. Caranya adalah kita membuat konten yang berkualitas sehingga calon pelanggan akan tertarik dan secara alami mendorong calon pelanggan untuk menshare konten  tersebut ke khalayak umum. Contoh dari Inbound Marketing adalah blogging, content marketing, email marketing, social media marketing, SEO atau bentuk marketing lainnya yang memakai media digital. Strategi ini biasa disebut “pull marketing” karena sifatnya yang menarik calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa kita.

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m