Pentingkah Caption pada Instagram?

Aktif di medsos Instagram? Hal Itu berarti anda orang yang betah untuk mengabadikan momen-momen hidup yang instagramable. Saat pergi ke daerah atau sekedar untuk menghabiskan weekend dengan meet-up bersama teman mu dulu, pasti akan terasa ada yang kurang jika belum update sesuatu di medsos instagram yang isinya pengalaman asyik yang baru saja kita lalui. Biasanya sweaktu kita post foto akan disertai dengan caption pendukungnya. Namun apakan penting caption pada instagram itu?

Menurut Michael Kwolek, seorang director of research pada sebuah firma social media consultancy. Dia ada banyak ilmu yang harus kita ketahui agar skill bersosmed kita meningkat. Khususnya untuk memberikan caption pada instagram.

Menurutnya, caption pada instagram “Jangan kasih hashtag untuk tiap kata pada caption!”. “Bener-bener tidak banget. Hahstag itu harusnya lebih relevan, misalnya #ootd itu sudah paling simpel dan relevan. Saat kita memakai itu, seakan-akan kamu sudah bergabung dalam sebuah conversation yang luas. Sebab itu merupakan hashtag yang sudah banyak digunakan orang.”

Kemudian, untuk satu ini kamu harus teliti saat memberi caption pada instagram. Kata-kata yang benar disesuaikan dengan EYD, huruf capital sesuai, dan tidak typo itu penting. Jika masih tidak perduli pada hal-hal tersebut, postingan kita artinya belum benar.

“Ejaan benar, huruf kapital sesuai, serta struktur kata baik: Hal-hal tersebut masih penting bagi seseorang,” katanya. “Kita ingin orang membaca caption kita, kita juga harus memikirkan tulisan kita agar enak dibaca. Itu hal yang sangat basic, namun super penting. Kita masih bisa menggunakan slang, selama hal itu relevan. Namun kalau kebanyakan menyingkat kata, baiknya kita tinggalkan kebiasaan tersebut.”

 “Tambahkan value foto dengan caption pada instagram” katanya. “saat sedang memakai instagram, saya tidak peduli dengan caption. Bila kita ingin membuat caption yang benar akan dibaca seseorang, setidaknya kita harus membuat kesan lebih dahulu pada foto kita.

Lalu Bagaimana caranya membuat caption pada instagram yang menarik?

“Saya rasa hal itu ialah tentang sekuat mana dari point-of-view kita dalam melihat sesuatu.” “Kita ingin mengetahui kepribadian seseorang melalui akun instagramnya. Saat seseorang terlalu sok hidup mewah pada instagramnya, itu merupakan hal yang buruk.”

“Saat seseorang memakai hashtag saat sedang vakansi ataupun menikah, itu sangatlah mengganggu.” “Itu bukanlah sesuatu yang disukai, itu terasa mewah menurutku. Kita tidak sebegitu spesial untuk membuat hashtag baru dan membicarakan mengenai pengalamanmu. Seharusnya kita mementingkan foto itu yang akan berbicara dibanding dengan hashtag. Tunjukkan sesuatu yang bagus.”

Foto tanpa adanya caption malah punya kasta tertinggi.

“Saat kita menggunakan hashtag, seakan-akan kita meminta, ‘Please, lihat foto kami dong.’ Namun ketika kita tidak menggunakan hashtag apapun sama sekali, seakan-akan kita berkata, ‘Silahkan liat saja fotonya, aku membiarkan foto tersebut yang berbicara.’ Beyonce misalnya tidak memakai caption pada instagramnya, sebab dia tidak butuh itu. Silakan tiru Beyonce.”

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m