Pengertian UKM dan Bedanya dengan Start up

Beberapa waktu terakhir, banyak orang merintis usaha sendiri atau jadi enteprneur. Mereka mulai jadi entepreneur berasal dari beragam kalangan. Ada yang masih jadi mahasiswa, ibu rumah tangga, atau ada juga seorang direksi suatu perusahaan yang rela banting setir jadi entepreneur. Dari beragam banyak jenis usaha dijalankan entepreneur, muncul istilah yang mewakili usaha mereka Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Start Up. Itulah sebabnya kita akan bahas Pengertian UKM dan Start up ini.,

Pengertian UKM, UKM dan juga Start Up sekarang ini memang menjadi fenomena tersendiri di beragam lapisan masyarakat Indonesia. Banyaknya cerita sukses seorang entepreneur UKM serta start up yang membuat masyarakat Indonesia merasa tertantang untuk bisa memulai usaha sendiri. Berbagai produk muncul dengan ciri istimewanya sendiri.

Meski keduanya merupakan sama-sama berbentuk sebuah usaha rintisan, tapi sesungguhnya Pengertian UKM dan Start Up merupakan hal yang berbeda satu sama lainnya. Jika keduanya itu adalah usaha rintisan, kemudian apakah perbandingan antara Pengertian UKM dan start up jadi dianggap sebagai dua usaha yang berbeda? Berikut ini kami sajikan perbandingan Pengertian UKM dan Start Up.

Persamaan Pengertian UKM dan Start Up

Persamaan yang pertama antara UKM dan Start Up ini, keduanya merupakan sebuah rintisan usaha. UKM serta Start Up lahir melalui ide-ide brilian entepreneur yang pandai melirik peluang usaha. Para entepreneur tersebut jeli melihat kesempatan serta permintaan pasar pada suatu produk. Bahkan mereka ada yang membuka jaringan pasarnya sendiri

Persamaan yang kedua, UKM dan Start Up tersebut dirintis memakai modal yang cukup kecil. Beberapa UKM dan Start Up bahkan memulai dengan tanpa adanya modal. Mereka memulai usaha tersebut dari nol, awalnya dengan menekuni hobi. Hobi tersebut lalu mereka jadikan peluang usaha. Meski ada banyak yang melakukan kredit pinjaman dalam memulai sebuah usaha, tapi pinjaman modal itu tergolong tidak besar.

Persamaan terakhir UKM dan start up ialah memiliki sistem manajemen sederhana saat mengawali usahanya. Pada awal usahanya, entepreneur dari UKM dan start up biasanya bekerja sendiri ataupun dibantu beberapa keluarga dan teman-temannya. Tapi saat usaha tersebut berkembang, sistem manajemen pun ikut berkembang serta karyawannya juga tidak hanya dari keluarga dan teman saja.

Perbedaan Pengertian UKM dan Start Up

Perbedaan keduanya mempunyai jenis usaha yang berbeda. Entepreneur UKM misalnya lebih menekankan jenis jenis usaha yang menghasilkan suatu produk real, sedangkan untuk Start Up jenis usahanya itu lebih pada bidang jasa dan pelayanan. Ya, kebanyakan dari pengusaha UKM menghasilkan sautu produk berupa barang jadi yang langsung dapat dirasakan manfaatnya misalnya kuliner, souvenir, karya seni dan lain sebagainya.

Sedangkan start up yang dihasilkan adalah jasa layanan yang manfaatnya tidak langsung dirasakan. Misalnya produk start up ialah layanan digital marketing agency, software atau aplikasi komputer dan lain-sebagainya. Perbedaan selanjutnya adalah hal penggunaan teknologi informasi. UKM memakai teknologi informasi internet hanya sekedar pemasaran produknya. Hal tersebut berbeda pada start up yang sangat mengandalkan teknologi sebagai bagian produknya.

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m