Pengertian Motivasi Kerja

Pengertian Motivasi Kerja, Motivasi berasal dari kata motivation yang artinya ”menggerakkan”. Motivasi sendiri adalah hasil sejumlah proses dan bersifat internal atau eksternal untuk seorang individu, menyebabkan timbulnya sikap yang entutiasme dan persistensi dalam melaksanakan kegiatan tertentu.

Sedang motivasi kerja ialah suatu kekuatan potensial yang ada pada diri manusia, yang bisa dikembangkan sendiri ataupun dikembangkan sejumlah kekuatan eksternal yang intinya tentang imbalan moneter dan nonmoneter, yang bisa mempengaruhi hasil kinerjannya baik secara positif atau negatif, yang mana tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi oleh orang bersangkutan.

Pengertian Motivasi Kerja dengan kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan serta memelihara prilaku yang memiliki hubungan dengan lingkungan kerja. Menurut H. Hadari Nawawi yang mendefinisikan motivasi jadi suatu keadaan yang mendorong atau jadi sebab seseorang dalam melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan dan itu berlangsung secara sadar.

Sedangkan Pengertian Motivasi Kerja Menurut As’ad (2002,p45) motivasi kerja sebagai sesuatu yang bisa menimbulkan semangat ataupun dorongan kerja. Oleh karena itu, motivasi biasa juga disebut pendorong atau semangat kerja. Namun menurut Robbins ( 2002,p166), motivasi jadi sebagai kesediaan mengeluarkan tingkat upaya tinggi demi tujuan organisasi yang dikondisikan kemampuan itu untuk bisa memenuhi sesuatu kebutuhan dari individu.

Jadi Pengertian Motivasi Kerja Pada hakikatnya ketika karyawan bekerja mereka itu membawa serta akan keinginan, kebutuhan, pengalaman di masa lalu yang membentuk suatu harapan kerja mereka. Ada munculnya motivasi terutama motivasi berprestasi akan bisa mendorong seseorang dalam mengembangkan pengetahuan serta kemampuannya demi bisa mencapai prestasi kerja yang tentunya lebih baik.

Biasanya seseorang yang mempunyai motivasi kuat akan bisa mempunyai tanggung jawab menghasilkan presatsi yang tentunya lebih baik. Dengan hadirnya motivasi kerja, diharapkan tiap individu mau bekerja keras serta antusias dalam mencapai kinerja tinggi.

Pengertian Motivasi Kerja ini juga dimaksudkan untuk bisa memberikan daya perangsang pada pegawai bersangkutan supaya pegawai tersebut dapat bekerja dengan segala daya serta upayanya.

Motivasi ataupun dorongan pada karyawan untuk mau dan bersedia bekerja bersama untuk tercapainya tujuan bersama ada dua macam, yaitu:

  1. Motivasi finansial, dimana dorongan yang dilakukan tersebut bisa memberikan imbalan finansial pada karyawan. Imbalan ini sering disebut juga dengan insentif.
  2. Motivasi nonfinansial, adalah dorongan yang diwujudkan bukan dalam bentuk finansial atau uang, Namun berupa hal-hal misalnya pujian, penghargaan, pendekatan dan lain sebagainya.

Pengertian Motivasi Kerja selanjutnya, memotivasi bawahan itu artinya menjadikan mereka merasa bahwa bekerja jadi bagian hidup yang perlu dinikmati. Para pekerja umumnya akan siap bekerja keras jika menghadapi beberapa kondisi yang berikut ini:

  1. Mereka Merasa diperlukan oleh instansi/organisasi
  2. Mereka mengetahui yang diharapkan oleh organisasi
  3. Adanya perlakuan adil antar pekerja serta dalam hal pemberian imbalan
  4. Adanya peluang untuk bisa berkembang
  5. Adanya tantangan menarik
  6. Hadirnya suasana kerja menyenangkan

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m