Kesalahan Blogger Pemula

Kesalahan blogger pemula ini muncul karena banyak blogger pemula yang merasa mengetahui segalanya dan dapat langsung sukses dengan cepat. Cara berpikir ‘merasa mengetahu segalanya’ ini sangat memperlambat dari kemajuan progress skill blogging. Luangkan waktu untuk membaca banyak artikel tentang teknik blogging. Dan jangan sampai melakukan lagi Kesalahan blogger pemula berikut ini:

Kesalahan blogger pemula 1: Penulisan Kaku

Banyak blogger pemula yang memperlakukan blog seperti skripsi akhir kuliah. Penulisan memakai kata-kata baku serta kaku jadi kurang bisa menarik hati pembaca blog. Jadi harus bagaimana? Harus membiasakan menulis selayaknya berbicara. Banyak blog-blog terkenal di luar yang menulis penyusunan kata layaknya bicara.

Kesalahan blogger pemula 2: Topik post terlalu lebar

Banyak bloggers yang menuliskan artikel menggunakan topik-topik yang sangat general, seperti:

  • “Bagaimana cara berbisnis?”
  • “Cara menulis dengan benar?”
  • “Cara memperoleh uang dari internet”

Topik-topik tersebut sangat melebar dan banyak bagian kecil dari tiap topik tersebut yang sebenarnya bisa dibahas secara detil. Pilih satu topik dengan spesifik, misalnya: “bagaimana mendapatkan uang dengan cara membuka toko online di dunia internet?” Makin spesifik topik yang kita pilih, maka akan makin baik. Dengan adanya topik yang spesifik kemungkinan dikunjungi juga bisa makin tinggi, terutama jika topik yang kita bahas sangatlah jarang dibahas orang lain.

Kesalahan blogger pemula 3: Postingan yang tidak terorganisir

Blogger pemula banyak yang memiliki ide bagus dan dituangkan dalam artikel, tapi tidak terorganisir, informasi dalam postingannya lompat-lompat. Belajar untuk posting dengan terstruktur, misalkan ingin share tentang cara untuk menguruskan badan dengan lari, maka kita dapat menggunakan outline contohnya seperti berikut ini:

  • Keuntungan dari Berat Badan Ideal
  • Penjelasan Ilmiah tentang Lari Terkait dengan Penurunan Kalori
  • Kenapa harus Lari? Dibanding Olahraga Lain?
  • Input untuk Pembaca sebagai Motivasi

Apakah menulis artikel tanpa outline di awal jadi jelek hasilnya? Belum tentu juga, tapi sebagian besar dari blogger yang tak menggunakan cara outline nantinya cenderung untuk menulis artikel yang lompat-lompat yang mana informasi yang tersebar di banyak kalimat dalam artikel tanpa adanya alur yang jelas mulai dari awal baca hingga akhir.

Kesalahan blogger pemula 4: Tidak Melakukan Edit

Tugas kita belum selesai saat kita sudah selesai menulis, lakukan review secara berulang kemudian edit pada postingan kita. Makin detil kita review, maka akan makin jelas ide yang ingin kita sampaikan pada para pembaca. Luangkan waktu 30 hingga dengan 60 menit untuk bisa melakukan editing dari sisi penggunaan kata, struktur ide, dan gambar-gambar yang ditampilkan.

Mungkin di awalnya kita butuh waktu berjam-jam untuk dapat melakukan editing hingga postingan mendekati sempurna seperti yang kita harapkan. Tapi setelah melakukan editing dengan berulang-ulang, kecepatan editing kita dan ketelitian pun akan meningkat.

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m