Contoh Rencana Bisnis Pemula

Contoh rencana bisnis atau disebut juga business plan yang sederhana tapi bisa dijadikan acuan bagi yang ingin menjalankan bisnis. Apalagi tidak sedikit calon wirausahawan yang masih bingung untuk membuat perencanaan usaha tentunya yang baik dan efektif. Misalnya Contoh rencana bisnis konveksi.

Contoh rencana bisnis dalam Membangun usaha konveksi memang butuh ketrampilan dan alat yang memadai. Apalagi sekarang ini harga peralatan konveksi cukup tinggi sehingga jadi sulit dijangkau bagi kebanyakan calon pengusaha ber modal pas-pasan.

Meski demikian, konveksi adalah jenis usaha yang sangatlah prospektif terutama dengan melihat trend dan permintaan yang terus meningkat. Tapi agar bisnis kita spesifik, bisa memilih jenis konveksi yang tidak biasa, jenis produk konveksi kreatif. Diantaranya sarung bantal kursi, gorden etnik kain perca, sandal etnik/unik kain batik atau sablon, kopiah/peci dengan bahan kaos, kerajinan perca, dan tentu Masih banyak lainnya.

Contoh rencana bisnis Jangka Pendek

Pada tahap awal, mungkin bisa membuat rencana usaha yang ingin dijalankan meliputi :

  1. Pembuatan beragam contoh produk yang diharapkan bisa menjadi dummy atau andalan. Jadi dengan adanya produk sampel yang pasti dan sesuai dengan kebutuhan pasar, proses produksi yang selanjutnya akan jadi lebih mudah dijalankan.
  2. Menawaran serta melempar produk sampel ke pasar untuk bisa memperoleh respon pasar. Kita bisa membaca juga mengenai meniru usaha.
  3. Merintis dalam pembuatan toko online yang biasanya butuh waktu 6 hingga 12 bulan supaya mampu bersaing pada halaman pertama pencarian Google.
  4. Dalam menyiasati terbatasnya modal, bisa membuat kebijakan order pembuatan produk akan dilakukan setelah pembayaran dari pemesan atau DP 50 % dari nilai order.
  5. Dalam langkah awal, kegiatan produksi akan dijalankan dipusatkan di rumah jadi tidak ada biaya sewa kantor.

Contoh rencana bisnis Jangka Panjang

Dalam jangka panjang, usaha kita ini diharapkan bisa bertahan dan terus berkembang jadi sebuah bisnis mandiri. Bila rencana jangka pendek itu berhasil dengan baik, jenis produk kita memperoleh sambutan pasar dan bisa diteruskan dan dikembangkan.

Sedang untuk masalah operasional usaha, nantinya kita bisa mengontrak atau sewa counter atau kios pada pusat pertokoan yang tinggi akan jumlah pengunjungnya. Selain fungsi sebagai toko, kios tersebut diharapkan juga jadi tempat produksi dalam memudahkan komunikasi serta koordinasi kerjanya.

Strategi Penjualan dalam Contoh rencana bisnis

Masalah memasarkan produk yang dihasilkan, kita bisa merencanakan melakukannya melalui beberapa alur distribusi, yaitu misalnya :

  1. Titip ke berbagai toko dan juga counter busana serta kerajinan di sekitar anda
  2. Penjualan Online

Khusus untuk penjualan online, trend bisnis yang makin bergairah beberapa tahun terakhir perlu jadi salah satu target pasar yang harus diraih. Diantaranya kita bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu:

Memasang Lapak pada Berbagai Website E-Commerce (misalnya OLX, Bukalapak, Tokopedial)

Buka Toko Online sendiri.

 

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m