Cara Menjadi Dropshipper

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk orang lain ataupun Supplier dimana reseller ini berdiri sendiri atau bukanlah merupakan seorang pegawai dari Supplier.  Reseller tersebut diwajibkan membeli dulu produk yang ingin dijual sebagai stock. Tapi ada lagi turunan dari reseller, yakni dropshipper. Tujuannya juga hampir sama dengan reseller tapi perbedaannya ada pada stock barang.

Menjadi dropshipper tidak harus melakukan stock barang, mereka hanya memamerkan gambar atau foto kepada calon pembeli. Sehingga jika ada yang ingin membelinya maka barang tersebut akan dikirimkannya dari Supplier ke konsumen, namun atas nama si Dropshipper tersebut. Itu untuk menjaga agar si konsumen tidak lari ke Supplier utama jika ingin membeli ulang.

Maka dari itu seorang Supplier sebaiknya tidak ikutan berjualan secara eceran, karena bisa saja si konsumen mencari produk tersebut berdasarkan merek dan menemukan Supplier utama yang menjual barang tersebut dengan harga yang lebih murah daripada Dropshipper tersebut

Keuntungan menjadi Dropshipper

  • Minim modal untuk memulai usaha karena tidak harus memerlukan stock barang
  • Tidak harus memikirkan tentang produksi produk dan quality control, dimana itu membutuhkan ilmu untuk melakukannya.
  • Tidak perlu pusing karena rugi jika ada barang yang tidak laku.
  • Bisa berganti-ganti Supplier atau lebih dari 1 Supplier jika dirasa Supplier tersebut tidak cocok

Kerugian menjadi Dropshipper

  • Tidak tahu stock yang ready. Maka dari itu carilah Supplier yang dapat menyediakan tabel stock secara online dan juga update.
  • Tidak memiliki kendali penuh terhadap stock. Kita tidak tahu apakah produk tersebut seperti apa, kondisi sebenarnya, apakah cacat atau tidak. Tidak jarang juga calon pembeli minta difotokan langsung produknya. Karena mereka sadar jika foto yang dipajang sudah dimarkup kualitas fotonya.
  • Jika Supplier melakukan kesalahan maka reputasi Dropshipperlah yang akan hancur. Kesalahan Supplier contohnya salah ukuran, salah jenis barang, salah alamat dan salah-salah yang lain. Selayaknya jika kesalahan ini terjadi maka yang menanggung dana kerugian adalah pihak dari Suppliernya sendiri.
  • Diskon yang didapat tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan reseller yang menstock sendiri.

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m