Cara Desain Blog Pemula

Anggapan tentang pekerjaan desain website merupakan pekerjaan rumit yang haruslah dilakukan oleh desainer dalam waktu yang tak sebentar seringkali muncul. Pernyataan  itu memang tidak salah, tapi kita juga bisa jadi desainer untuk website atau blog pribadi kita. Tentu saja bukanlah design website yang benar-benar dari awal yang kami maksud, tapi design website atau blog yaitu cara memadu-padankan komponen blog supaya menjadi sebuah blog berdesain cantik. Seperti apa caranya? Cara desain blog bagi pemula adalah sebagai berikut:

1. Cara desain blog : Theme

Theme yang sudah disediakan dalam layanan blog biasanya theme terpilih dari sekian theme yang terdapat di internet. Kita bisa saja memakai theme dari luar dipasang di blog kita di blogspot, tapi theme yang bisa kita pilih dari blogspotnya sendiri sebenarnya cukup baik bagi kita. Baik dari kompabilitas, responsif, serta sudah mendukung SEO. Sementara bila kita adalah penguna wordpress, theme yang didapat dari katalog resmi wordpress secara rutin mendapatkan update. Jika theme yang kita gunakan theme dari luar layanan, kita belum tentu memperoleh keuntungan tersebut.

2. Cara desain blog: Widget

Sama selayaknya theme, banyak sekali bertaburan widget yang dapat kita gunakan untuk bisa mempercantik blog. Tetapi untuk mengisi blog menggunakan banyak widget akan bisa memperlambat proses loading dari website kita, apalagi bila widget itu diambil dari luar layanan.

Hal yang dipertimbangan :

  • Makin sedikit widget, maka makin cepat loading blog
  • Fungsi widget
  • Music widget (widget yang tidak penting untuk dimasukkan pada blog)

3. Cara desain blog: Font

Sejak Google meluncurkan interface baru pada dashboardnya, kita yang menggunakan platformari  blog blogspot bisa mengganti semua font yang terdapat dalam blog menggunakan font yang kita pilih. Mulai dari font yang standar misalnya Arial, Tahoma, serta Verdana, hingga font yang rumit demikian rupa. Tak salah jika kita menggunakan font apapun digunakan di blog kita, tapi belum tentu para pembaca kita akan menyukai font tersebut. Jika kita ingin mengganti font bawaan, pastikan supaya font penggantinya mudah untuk dibaca dibanding font sebelumnya.

Hal yang dapat dipertimbangkan :

  • Target dari blog (Gunakan font standar untuk blog berita)
  • Perbandingan dari besar kecil antara font satu dan font yang lainnya
  • Makin sedikit font yang digunakan pada suatu blog, makin cepat loadingnya

4. Cara desain blog: Flash

HTML5 akan menjadi pengganti dari flash yang berat serta butuh waktu loading yang tak sedikit. Tapi saat ini masih banyak website yang memiliki komponen flash. Mungkin saja widgetnya, mungkin saja iklannya, atau mungkin seluruh website itu sendiri menggunakan flash.

Perlu diperhatikan : Minimalisasi widget yang berupa widget flash. Bila keseluruhan blog flash, gantilah layanan blog, karena sekarang ini Google belum dapat meng-index flash.

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m