Arti Viral Marketing

Istilah viral marketing dipopulerkan oleh Tim Draper serta Steve Jurvetson dari perusahaan venture capital, Draper Fisher Jurvetson pada tahun 1997 untuk menjelaskan kesuksesan marketing Hotmail sebagai salah satu email provider.

Viral dalam tinjauan marketing merupakan terjadinya suatu tindakan baik itu kepada objek ataupun suatu pola pikir, sehingga mempunyai kemampuan untuk menyebar serta menduplikasikan diri atau mengubah objek ataupun pola pikiran sehingga semakin menyerupai viral object. Dimana penyebaran ini bersifat eksponensial serta membentuk pola penyebaran virus yang bersifat biologis atau epidemic.

Viral marketing sekarang ini adalah promosi dari mulut ke mulut dalam format digital. Dimana viral marketing merupakan strategi maketing yang berkaitan dengan menciptakan pesan online yang asli dan cukup menghibur yang mendorong pembeli untuk menyampaikan pesan itu ke pembeli lainnya, menyebarkan pesan didalam web layaknya virus tanpa harus membebani si pengiklan.

Viral marketing sekarang ini secara umum sangat bergantung pada internet, dimana konsumen sangat memahami penggunaan dari internet dan menggunakan internet sebagai salah satu sarana berkomunikasi sehari-hari.

Viral marketing mengacu pada teknik-teknik marketing yang memakai social networks yang sudah ada untuk meningkatan brand awareness lewat proses self-replicating viral processes  yang mana penyebarannya dianalogikan seperti pola penyebaran virus biologis ataupun virus komputer. Sehingga viral marketing bisa disebut juga fenomena marketing yang memfasilitasi serta mendorong masyarakat untuk menyebarkan pesan marketing secara sukarela.

Bantuan

Hi, Nama Saya Kevin :)

Jika anda butuh saran untuk mengembangkan bisnis anda secara online

atau

Mau mendaftar kelas marketing online SB1M di BRI Sudirman boleh kontek saya yah (free trial 3x kelasnya)

semoga saya bisa membantu anda untuk sukses juga di dunia online :)

WA: 083870431988
Line: kevinsb1m